Laksanakan JAGUL, Kajari Labuhanbatu: Penegakan Hukum Harus Melihat Sisi Kemanusian

[LABUHANBATUSATU] Pangkatan – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua, SH, MH bersama rombongan menghadiri Program bertajuk Jaksa Gandeng Ulama (JAGUL) di Dusun IV Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu. Senin, (26/04/2022).

Program yang menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Labuhanbatu dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Labuhanbatu ini berisi kegiatan penyuluhan hukum, ceramah agama, dan buka puasa bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama desa Sidorukun, Pangkatan.

Dalam uraiannya, Kajari Labuhanbatu menyampaikan beberapa hal seperti program Restorative Justice (RJ) dan upaya-upaya Kejaksaan Negeri (Kejari) Labuhanbatu dalam menangani masalah hukum yang terjadi di Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara.

“Dalam hal melaksanakan penegakan hukum, kami (Kejari Labuhanbatu) berupaya sebaik-baiknya, dan berusaha melihat dan merasakan isi hati nurani masyarakat,” ucapnya.

Dalam beberapa bulan belakangan Kejari Labuhanbatu telah melaksanakan program RJ untuk kasus-kasus yang dianggap ringan dengan mempertimbangkan sisi kemanusiaan. Khususnya persoalan konflik-konflik kekeluargaan.

“Beberapa RJ sudah kita laksanakan, khususnya dalam kasus-kasus konflik kekeluargaan,” tambah pria bersuku Sangit tersebut.

Ketua Karang Taruna Labuhanbau yang juga berprofesi advokat, Ahmad Ansyari Siregar, SH, MH, pada kesempatan yang sama mengatakan banyak masyarakat yang awam pengetahuannya soal hukum, sehingga sering dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk meminta uang. Ia juga mengatakan bahwa Kajari Labuhanbatu sangat memperhatikan sisi kemanusiaan dalam menegakkan hukum.

“Masyarakat harus rajin bertanya soal hukum, agar tidak dimanfaatkan oknum tertentu dengan dalih mengurus kasus. Apresiasi saya kepada pak Kajari, saya sering mendapat info bahwa pak Kajari ini sangat memperhatikan sisi kemanusiaan dalam penegakan hukum,” ucap Ansyari diiringi tepuk tangan hadirin.

Ceramah agama oleh Ketua PC NU Labuhanbatu Ustadz Muhammad Ali Azhar Samosir menutup kegiatan JAGUL Kejari Labuhanbatu tersebut yang kemudian dilanjutkan dengan acara buka bersama. (Red)

Komentar

Pos terkait