Peringatan Hari Ibu, Bupati: Perjuangan Seorang Ibu Tidak Bisa Diganti Oleh Siapapun

LABUHANBATUSATU|Rantauprapat Perjuangan seorang ibu tidak bisa diganti oleh siapapun, dan tidak bisa dibayar dengan apa pun. Hal tersebut disampaikan Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga,MKM saat Peringatan Hari Ibu ke-93 Kabupaten Labuhanbatu di Aula Asrama Haji, Senin (20/12/2021). 

 

“Hari ini mengingatkan kita akan ibu kita, dan peran ibu ibu yang ikut melahirkan dan membangun bangsa ini,” ucap Bupati. 

 

Bupati mengatakan bahwa hari ibu ada bahkan sebelum Indonesia yang artinya peran seorang ibu sangat lah penting, dan sangat diutamakan. Hari ibu adalah sebuah apresiasi untuk para perempuan, tidak hanya sebagai seorang ibu, namun juga sebagai seorang warga masyarakat, sebagai seorang pejuang, dan sebagai seorang abdi tuhan yang maha esa. 

 

“Kalau mengingat hari ibu, tentu kita akan teringat akan ibu kita. Berdoa lah kita ,berterima kasih lah kita kepada ibu kita, baik yang masih hidup, maupun yg sudah tiada,” tutup Bupati. 

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persit KCK Cabang XXXVI Dim 0209/LB, Ny Ely Novitasari Asrul Harahap menjelaskan sejarah singkat hari ibu. Novitasari mengatakan Hari Ibu lahir dari rangkaian proses panjang Kongres Perempuan Indonesia pertama pada Desember 1928 di Yogyakarta, Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta tahun 1935, dan Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung tahun 1938 yang menyatakan 22 Desember sebagai Hari Ibu. 

 

Kemudian, Hari Ibu dikukuhkan oleh Pemerintah lewat Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan Hari Ibu 22 Desember merupakan hari nasional dan bukan hari libur. 

 

Acara peringatan hari ibu bertemakan “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” dan sub tema “PEREMPUAN INDONESIA: Saatnya untuk Bicara Suaramu Keberanianmu”. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, penampilan fashion show oleh Ibu-Ibu PKK Labuhanbatu, pemberian apresiasi kepada perempuan inspiratif Labuhanbatu, dan diakhiri dengan pengundian lucky draw untuk para undangan. 

 

Acara peringatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, Wakil Bupati Labuhanbatu Utara, Dandim 0209 LB, Ketua Pengadilan Labuhanbatu, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Unsur Forkopimda Labuhanbatu, Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Ir. Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny.dr.Hj. Maya Hasmita Erik Adtrada Ritonga Sp.OG,M.KM, Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Selatan, Para Asisten Setdakab Labuhanbatu, Para Kepala OPD, Ketua Dharma Wanita, para kepala BUMN dan BUMD.(Red)

Komentar

Pos terkait