Kejari Labuhanbatu Rakor Dengan Pakem Labura dan Labuhanbatu Tentang Hal Ini !

LABUHANBATUSATU |Rantauprapat- Kejaksaan Negeri (Kajari) Labuhanbatu bersama Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM)  Kabupaten Labura dan Labuhanbatu, melakukan Rapat Koordinasi (Rakor), Rabu (17/11/2021) di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Labuhanbatu. 

 

Rakor tersebut membahas tentang, langkah cegah dini dalam upaya menangkal munculnya atau menyebarnya paham-paham yang menyimpang  atau meresahkan yang berpotensi menimbulkan konflik di tengah kehidupan masyarakat.

 

Kajari Labuhanbatu Jefri Penanging Makapedua, SH., MH menyampaikan, Rapat Tim PAKEM ini merupakan bentuk konsolidasi antar anggota tim Pakem dengan unsur Tokoh Agama. Tujuannya, melakukan pengawasan terhadap ajaran masyarakat yang diindikasi menyimpang atau sesat dan atau menodai, menghina atau merendahkan satu aliran kepercayaan masyarakat atau aliran keagamaan, yang dapat menimbulkan rasa kebencian maupun permusuhan dalam masyarakat, yang dapat mengganggu kerukunan umat beragama di Kabupaten Labura dan Labuhanbatu . 

 

Dalam rapat tersebut, tergambar secara umum situasi di Kabupaten Labura dan Labuhanbatu. Dimana, masih tergolong dalam keadaan aman dan kondusif.

 

Khususnya kerukunan antar umat beragama yang sampai saat ini belum ada terjadi peristiwa yang mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat.

 

Hadir dalam rapat tersebut, Plh. Dandim 0209/LB, Perwakilan Polres Labuhanbatu, Perwakilan Kemenag Labuhanbatu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu, Perwakilan Kesbangpol Labuhanbatu, Ketua MUI Labuhanbatu, Ketua MUI Labuhanbatu Utara, Ketua FKUB Labuhanbatu H. Galih Orlando , FKUB Labuhanbatu Utara, Ketua NU Labuhanbatu, Ketua NU Labuhanbatu Utara serta anak organisasi keagamaan seperti GP. Ansor, Fatayat NU, IPNU IPPNU, Rijalul Ansor dan PMII Labuhanbatu Raya.

 

Masing-masing peserta rapat memberikan informasi atau pandangan terkait aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara.

 

Di akhir acara, Kepala Kejaksaan Negeri Labuhanbatu secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan Kepala Kejaksaan Negeri Labuhanbatu, Tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat Tingkat Kabupaten Labuhanbatu dan Tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara. (Red)

Komentar

Pos terkait