Forum Konsultasi Publik RPJMD Tahun 2021-2026 Resmi Dibuka Wabup Labuhanbatu

LABUHANBATUSATU|Rantauprapat Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd.MM secara resmi membuka langsung Forum Konsultasi Publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Labuhanbatu 2021-2026 di Ruang Data dan Karya, Kantor Bupati Labuhanbatu, Kamis (14/10/2021).

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ellya Rosa Siregar berharap agar rencana awal RPJMD Labuhanbatu tahun 2021-2026 tidak hanya menjadi tolak ukur dari kinerja Pemkab Labuhanbatu, tetapi harus juga menunjukan kinerja seluruh stakeholder Labuhanbatu yang juga merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu.

 

“Kami berharap RPJMD tidak hanya menjadi ukuran dari kinerja Pemerintah Labuhanbatu. Tetapi, juga harus menunjukan kinerja segenap stakeholder Labuhanbatu sebagai bagian dari Pemkab Labuhanbatu. Untuk itu, saya mohon kepada para peserta Forum Konsultasi Publik rencana awal RPJMD Labuhanbatu 2021-2026 untuk tetap mengikuti pertemuan ini,”Harapnya.

 

Demi Terwujudnya masyarakat Labuhanbatu yang Berkarakter, Maju dan Sejahtera menjadi landasan konstitusional dan operasional untuk tahun 2024. Maka, Ellya juga menyampaikan 5 Misi utama dari penyusunan RPJMD Tahun 2021-2026 sebagai berikut :

 

1.Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang merakyat, bersih dan profesional. 

2.Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan untuk membangun karakter SDM yang produktif dan inovatif. 

3.Meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi daerah melalui peningkatan produktivitas koperasi dan UMKM serta industri kreatif. 

4.Meningkatkan kualitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan guna percepatan pembangunan wilayah dan kawasan. 

5.Meningkatkan rasa aman, nyaman dan penuh kekeluargaan di tengah kehidupan yang majemuk.

 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Labuhanbatu dr.Hj.Maya Hasmita,SP.OG.M.KM menyampaikan bahwa permasalahan Stunting dan angka kematian terhadap Bayi masih jadi prioritas utama program PKK Labuhanbatu.

 

“Permasalahan Stunting dan kematian Bayi tetap menjadi prioritas utama PKK Labuhanbatu. Untuk itu, pelayanan kesehatan dan pemberian gizi yang cukup terhadap Ibu Hamil harus lebih diperhatikan lagi,”Ucapnya.

 

Adapun 10 Program Pokok PKK Labuhanbatu sebagai berikut:

1.Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.

2.Gotong Royong.

3.Pangan.

4.Sandang

5.Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga.

6.Pendidikan dan Keterampilan.

7.Kesehatan.

8.Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

9.Kelestarian Lingkungan Hidup.

10.Perencanaan Sehat.

 

Forum Konsultasi Publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021 ini merupakan amanat Permendagri No 86 Tahun 2017 Pasal 12 tentang penjabaran dari visi, misi dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi,  arah kebijakan, pembangunan daerah, keuangan daerah serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah.

 

Turut hadir dalam acara Konsultasi Publik, Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, Ketua TP-PKK Labuhanbatu Maya Hasmita, Sekdakab Muhammad Yusuf Siagian, Wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan, Asisten 1 Sarimpunan Ritonga, Plt Asisten 2 Ikramsyah, Kepala Bappeda Hobol Z Rangkuti, Kakan Kemenag Sarifuddin, seluruh OPD Pemkab Labuhanbatu, para Camat dan tamu undangan.(anditan)

Komentar

Pos terkait