dr.Maya Sampaikan 10 Program Pokok dan 3 Prioritas PKK Labuhanbatu Pada RPJMD 2021-2026

LABUHANBATUSATU |Rantauprapat- Ketua Tim Penggerak PKK  Kabupaten Labuhanbatu dr. Maya Hasmita Sp.O.G M.KM menjadi salah satu Pembicara pada acara Forum Konsultasi Publik tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Tahun 2021-2026, yang diselenggarakan oleh Pemkab Labuhanbatu, Kamis (14/10/2021) di Ruang Data Setretariat Pemkab Labuhanbatu.

 

Dalam Konsultasi itu, dr Maya menyampaikan tujuan dan sasaran 10 Program Pokok PKK Kabupaten Labuhanbatu. Adapun 10 Program Tersebut antara lain, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila. Gotong royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi. Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

 

“Ada 3 Program Prioritas kita. Yaitu, mewujudkan Kabupaten Kota Sehat, Program Stunting dan Angka Kematian Ibu dan Bayi,”Terangnya.

 

Untuk mewujudkan 3 Program Prioritas tersebut, harus melakukan sejumlah tahapan. Antara lain, 

untuk Kabupaten/Kota Sehat : Permukiman, Sarana dan prasarana. Kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, Ketahanan Pangan dan Gizi. Pasar, Pendidikan, Kehidupan Sosial yang sehat dan Penanganan Bencana. Transportasi dan Tata tertib lalu Lintas jalan. Perkantoran, Perindustrian (IKM) dan UMKM. Pariwisata, Rumah Ibadah dan Kota Pintar (Smart City).

 

” Sedangkan untuk Program Stunting,  kita harus melakukan percepatan Penanganan Stunting. Begitu juga dengan Angka Kematian Ibu dan Bayi. Kita harus punya Skenario Penurunan, Kebijakan dan Strategi,” Jelas dr.Maya.

 

Sebelum menutup pembicaraan, dr. Maya juga menyampaikan Agendanya kedepan untuk mewujudkan Program Tersebut. Dimana, dibutuhkan Sinergitas dan koordinasi antar instansi dan Lintas sektor terkait. Monitoring Dan Evaluasi. 

 

Advokasi dukungan dan kerja sama dari pengambil Kebijakan Lintas sektor dan Lintas Program. Kontinuitas Pembinaan. Optimalisasi pemahaman Lintas sektor dan Lintas Program tentang KKS. Kami Banding. Penyusunan Road Map. Optimalisasi pemberian reward (Penghargaan).

 

“Semua ini kita lakukan membantu Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Labuhanbatu Berkarakter,  Maju dan Sejahtera,”Tutupnya.

 

Sebelumnya, Acara Forum acara Forum Konsultasi Publik tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Tahun 2021-2026, dibuka oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar. Acara tersebut, diikuti sejumlah OPD dan Para Camat. Serta yang diundang menjadi Pembicara di acara tersebut dari Universitas Sumatera Utara dan perwakilan Bank Indonesia. (Red)

 

Komentar

Pos terkait