Suzen, Petinju Putri Labuhanbatu Yang Mewakili Sumut di PON Papua

LABUHANBATUSATU|Medan Labuhanbatu merasa bangga memiliki Suzen Ramsi Simangunsong. Sebab, dirinya merupakan satu-satunya atlet dari cabang olahraga tinju asal Kabupaten Labuhanbatu yang turut mewakili Provinsi Sumatera Utara dalam pagelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang akan dilaksanakan di Papua pada Oktober mendatang.

 

Tidak mudah bersaing dalam merebut tempat untuk mengisi perwakilan atlet tinju Sumatera Utara yang akan bertanding di PON Papua. Pasalnya, Provinsi Sumatera Utara hanya menurunkan enam atlet yang akan bersaing di PON dari Cabor Tinju melalui seleksi ketat sebagai wakil Sumut, dan Suzen menjadi satu-satunya atlet tinju putri yang mewakili Sumut di kelas terbang 51 Kg.

 

Peluang untuk membawa medali emas dari Cabor Tinju tetap masih terbuka lebar. Sebab, Suzen merupakan atlet tinju yang patut diwaspadai di PON ke XX Papua. Pasalnya, Suzen telah banyak meraih medali dalam berbagai Event yang digelar termasuk Kejuaran Nasional (Kejurnas).

 

Sedikit bercerita pengalaman, di tahun 2012 Suzen mampu membawa medali emas dalam Event Kejurnas junior. Bukan hanya itu, dirinya juga dinobatkan sebagai petinju putri terbaik Se-Indonesia.

 

“Di tahun 2012 Kejurnas Junior saya pernah membawa pulang medali emas plus dinobatkan sebagai petinju putri terbaik Se-Indonesia,”Katanya saat wawancara di salah satu Restoran di Kota Medan Senin (13/09/2021).

 

Saat ditanya sejauh apa capaian yang diraih selama mengikuti Kejuaraan Nasional tinju. Dirinya mengaku selalu membawa pulang minimal medali perunggu dari setiap Event yang diikuti. Termasuk di Jambi, Ambon, Bangka Belitung dan masih banyak lagi di Provinsi Lainnya.

 

“Medali emas hampir 10 yang sudah berhasil diraih dari Kejurnas. Setiap mengikuti event, selalu membawa pulang minimal medali perunggu,”Katanya.

 

Bahkan, Suzen mengatakan dirinya pernah tampil di Event Internasional pada tahun 2015 yang lalu dalam agenda Presiden Cup di Palembang yang diikuti 25 Negara. Namun, di event Internasional tersebut, dirinya gagal membawa medali karena harus mengakui keunggulan petinju asal Vietnam yang pernah meraih medali Emas Sea Games.

 

“Pernah ikut Event Internasional. Namun kalah di penyisihan melawan wakil Vietnam yang pernah menjuarai Sea Games,”Katanya.

 

Menanggapi hal itu, Direktur Labuhanbatusatu.com Ahmad Efendi Harahap memberikan apresiasi besar atas capaian Suzen sejauh ini. Karena dia berhasil membawa harum nama Labuhanbatu di tingkat Nasional sebagai satu-satunya petinju putri yang berprestasi.

 

“Yah, apresiasi kita berikan untuk adinda kita Suzen yang mampu membawa harum nama Labuhanbatu dengan capaian-capaian yang telah diraih dengan susah payah. Sebab, dia merupakan satu-satunya petinju putri asal Labuhanbatu yang selalu tampil di berbagai Event termasuk Kejurnas,”ucapnya.

 

Untuk PON ke XX Papua yang akan digelar pada Oktober mendatang, Fendi berharap Suzen mampu tampil maksimal dan membawa pulang medali emas.

 

“Tetap semangat dan semoga di PON nanti Suzen mampu membawa medali emas dan mengharumkan nama Sumut, khususnya masyarakat Labuhanbatu,”Tutupnya.

 

Untuk diketahui, atlet Sumut dari Cabor Tinju rencananya akan diberangkatkan ke PON Papua pada 5 Oktober mendatang. Dan Suzen merupakan keponakan kandung dari Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,Spd.MM.(anditan).

Komentar

Pos terkait