Dinas Perizinan Labuhanbatu Tak Punya Data Gudang Penyimpanan Barang

LABUHANBATUSATU |Rantauprapat – Banyaknya Truk besar masuk melintas ke Kota Rantauprapat untuk mengantar barang dagangan, menandakan jumlah Gudang Penyimpanan barang sangat banyak. Namun, apa jadinya jika Dinas Perizinan selaku Instansi yang mengeluarkan izin Pergudangan tidak memiliki datanya.

 

Pertama, Pemkab Labuhanbatu akan mengalami kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dimana, setiap pengusaha yang menggunakan gudang untuk menyimpan barang, harus mengurus izin pergudangannya. Jika izin tersebut tidak diurus, maka PAD akan mengalami kebocoran.

 

Kedua, akan tercipta peluang  untuk melakukan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum petugas kepada pengusaha yang tidak memiliki izin pergudangan. 

 

Ketiga, rentan terjadi penyelundupan  barang ilegal, karena tidak adanya pengawasan dari petugas.

 

Ketiga alasan diatas, menjadi alasan, betapa pentingnya Dinas Perizinan memiliki data. Namun sebaliknya,  jika Dinas Perizinan tidak memiliki data, maka sebaiknya Pj.Bupati Labuhanbatu mengganti Kepala Dinas Perizinan secepatnya.

 

“Banyak gudang di Kota Rantauprapat sudah habis izinnya, dan tidak diperpanjang. Sejauh ini, masih didata berapa jumlahnya. Makanya, kita belum punya data konkrit,” Ucap Seorang ASN di Dinas Perizinan beberapa waktu lalu, sembari memohon identitasnya dirahasiakan. (Red)

Komentar

Pos terkait