Pengerukan Dan Pembuatan Dinding Parit, Solusi Atasi Banjir Di Lingkungan Al Huda

LABUHANBATUSATU |Rantauprapat – Banjir yang merendam Ratusan Rumah di Gang Selamat, Lingkungan Al Huda, Kelurahan Sirandorung, Minggu (16/08/2021) Kemarin, sudah berulang kali terjadi. Bahkan, dialami warga sejak belasan tahun lalu. 

 

Menurut warga, Terjadinya pendangkalan akibat jarang dikeruk oleh Pemerintah, dan belum di bangunnya dinding saluran selokan (parit). Hal itu, menjadi faktor utama air cepat meluap dan masuk kerumah warga, disaat hujan turun dengan intensitas tinggi.

 

“Kalau hujannya lebat, empat jam kemudian pasti air meluap dan masuk kerumah warga,”Ungkap Tocek warga setempat, Selasa (17/08/2021).

 

Pria yang sudah menetap sejak belasan tahun ini, sedikit menceritakan awal mulanya terjadi pendangkalan. Dimana, belasan tahun yang lalu, selokan (parit) tersebut adalah anak sungai dari Bukit Barisan Talak Simin. Kala itu, Warga menyebutnya Sei Parudangan.

 

Namun, seiring perkembangan zaman dan banyaknya bangunan Rumah Toko (Ruko), mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan pengecilan anak sungai. Bahkan, anak sungai itu kini sudah beralih fungsi menjadi tempat pembuangan atau selokan (parit).

 

“Kalau dulu, parit ini tempat kami memancing ikan. Karena dalam dan lebar. Tapi, karena sudah mengecil dan sudah beralih fungsi menjadi parit, Ikannya sudah punah “Kenangnya.

 

Untuk mengatasi banjir di Gang Selamat, warga meminta kepada Pemkab Labuhanbatu agar membangun dinding Parit. Supaya, air yang mengalir tidak lagi meluap kerumah warga.

 

“Harus dikeruk dalam dan dilebarkan hingga 2 meter , kemudian dibangun dinding paritnya kiri kanan sepanjang 250 meter. Kalau bisa, dibangun seperti parit di jalan Balai Desa. Agar, air tidak lagi meluap lagi.  Cuma ini solusinya,”Pinta Tocek diamini warga lainnya.

 

Pantauan wartawan di lokasi, parit tersebut kondisinya dangkal dan sangat memprihatinkan. Lebar parit hanya 1 meter, sedangkan dalamnya hanya setengah meter. Sehingga, parit tersebut dinilai sudah layak untuk diperbaiki oleh Pemkab Labuhanbatu, sesuai permintaan warga setempat. (Red)

 

Komentar

Pos terkait