PAD Minim, Bapenda Dan Dinas Perizinan Harus Diisi Orang Yang Tepat

LABUHANBATUSATU |Rantauprapat-  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Perizinan Kabupaten Labuhanbatu Dinilai kurang maksimal Bekerja dalam Menggarap Pendapatan Aset Daerah (PAD). Pasalnya, masih banyak ditemukan sumber sumber PAD terkesan dibiarkan (terlantar). Sehingga, PAD Kabupaten Labuhanbatu sangat minim.

 

Berdasarkan, catatan yang dihimpun Labuhanbatusatu.com, Adapun, Sumber PAD yang dinilai ditelantarkan pihak Dinas Perizinan dan Bapenda Labuhanbatu, Antara lain : Izin Tanah Urug, Pasir dan Bebatuan. Dimana, masih banyak ditemukan para pengusaha membangun tempat usahanya dengan membeli tanah urug , pasir dan bebatuan diduga ilegal. Padahal, jika hal itu diterbitkan, bisa menambah PAD.

 

Kemudian, Penggunaan Papan Reklame di Trotoar ruas jalan seputaran kota Rantauprapat. masih ditemukan sejumlah papan reklame izinnya telah habis. Namun, masih dibiarkan. Untuk hal ini, Dinas Perizinan harus menindak tegas pengusaha, bila perlu dilakukan pembongkaran papan reklame.

 

Selanjutnya, penangkaran  sarang burung walet. Diketahui, mulai dari Kota Rantauprapat hingga daerah pesisir pantai, banyak ditemukan penangkaran sarang burung walet. Namun, Tidak diketahui apa yang menyebabkan PAD dari sektor tersebut minim. Apakah pengusaha tidak taat pajak, atau ada oknum yang mengambil keuntungan pribadi. 

 

Berdasarkan catatan di atas, Disarankan Pemkab Labuhanbatu harus membentuk Tim khusus (Satgas Pajak). Tim khusus tersebut, harus melibatkan Dinas Perizinan, Bapenda dan Satpol PP. Tim ini, harus berani dan tegas. Sehingga, Sumber sumber PAD tersebut dapat di tingkatkan.

 

Kemudian, Menempatkan orang yang tepat dan berani, untuk memimpin dan bekerja di Kantor Bapenda dan Dinas Perizinan. Tujuannya, agar kedua Kantor tersebut, bisa fokus bekerja untuk menggali Potensi PAD dan mengeksekusinya. 

 

Sebab, kunci utama Roda Pemerintahan adalah PAD. Jika PAD naik, maka roda Pemerintahan akan berjalan baik dan maksimal. Namun sebaliknya, jika PAD minim, maka roda Pemerintahan tidak akan berjalan maksimal. (Fendi Harahap)

 

Komentar

Pos terkait