Alkowar Labusel Lakukan Aksi Solidaritas Jurnalis

LABUHANBATUSATU|Aliansi Komunikasi Wartawan (Alkowar) Kabupaten Labuhanbatu Selatan melakukan aksi solidaritas jurnalis senin (21/06/2021) terhadap rekan sejawat mereka seorang jurnalis/wartawan media online Lasernewstoday.com bernama Mara Salem Harahap atau yang lebih dikenal Marsel Harahap yang tewas ditembak oleh oknum yang tak dikenal di dekat rumahnya di Huta VII Nagori Karang anyar Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun sabtu (19/06/2021) dinihari.

 

Para jurnalis Labuhanbatu Selatan tersebut meminta kepada Kapolri,Kapolda Sumatera Utara,Kapolres Simalungun untuk mengusut tuntas dan menangkap si pelaku penembakan termasuk otak dari aksi penembakan yang menewaskan seorang jurnalis tersebut.

 

Aksi tersebut dilakukan di Simpang tiga bukit Kota pinang dan dilanjutkan mengarah ke Polsekta Kota pinang untuk melakukan orasi dan unjuk rasa damai demi terciptanya rasa aman terhadap profesi jurnalis tanpa adanya intervensi dan kekerasan.

 

Wakapolsekta Kota pinang AKP.Is Gunarto yang menerima peserta aksi tersebut mengatakan bahwa pihak Kepolisian dalam hal ini Polda Sumatera Utara telah membentuk tim guna melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.”Kami sangat mengapresiasi atas aksi solidaritas yang dilakukan oleh para jurnalis Labuhanbatu Selatan ini.dan kami dari pihak Kepolisian akan terus melakukan penyelidikan hingga pelaku tertangkap,”ujar Wakapolsekta Kota Pinang tersebut.

 

Ketua Alkowar Herbert Manullang mengatakan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian mereka sebagai sesama jurnalis.

“Kami berharap pihak Kepolisian untuk segera menangkap dan menghukum seberat-beratnya pelaku penembakan dan otak dari penembakan tersebut sehingga kami sebagai jurnalis merasa terlindungi dalam menjalankan tugas kami sebagai jurnalis”.tegas ketua Alkowar Labuhanbatu Selatan itu.

 

Khoiruddin Nasution sebagai koordinator aksi tersebut mengatakan bahwa wartawan ataupun jurnalis dilindungi oleh Undang – undang Pers nomor 40 tahun 1999 sehingga jurnalis tidak boleh mendapatkan tekanan,intervensi ataupun kekerasan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. (M.Y.K.Simanjuntak)

Komentar

Pos terkait