Kesehatan dan Kenyamanan Masyarakat Disekitar PT.Nubika Jaya Terabaikan

LABUHANBATUSATU|Kota Pinang – Warga sudah mulai mengeluh dengan ketidak pedulian pabrik PT. Nubika Jaya saat ini, pasalnya mulai dari sampah perpohonan, meluapnya air dari pabrik ketika hujan deras, suara hentuman keras dari dalam pabrik, hingga polusi udara yang mulai terasa berlahan lahan.

Hal ini juga di sampaikan seseorang warga dusun simpang empat gg karang anyar, blok songo desa Sisumut Kotapinang ke pada awak media selasa (15/07/2021) yang namaya inisial AN, ketika AN mengungkapkan kekecewaan ya atas ketidak Pedulian Pabrik PT. Nubika Jaya kepada kami khususya warga sekitaran pabrik di gg karang anyar ini, pasalnya sampah pepohonan punya pabrik yang berada di belakang rumah kami menumpuk dan berserakan kami yang membersihkan tiap hari tapi sampai saat ini tidak ada kompensasi kepada kami. Sampah ya kami terus yang membersihkanya, tambah lagi kalau angin kencang dan hujan deras saya terpaksa mengungsi kerumah ortu saya yang berada di depan karena percis pohon tersebut menjular ke atas seng belakang rumah saya” tutur AN.

Lain lagi yang di ungkapkan warga gg karang anyar juga yang berinisial NS kepada awak media, kami lagi kalau sudah tegah malam hari pak terkejut kalau sudah hentum keras yang di keluarkan dari pabrik PT. Nubika Jaya tersebut tambah lagi kalau sudah hujan lebat, luapan dari pabrik sampai ke halaman rumah kami airnya.

NS Juga mengaku khawatir dengan kualitas udara akibat polusi udara tersebut meskipun saat ini belum ada dampak berbahaya bagi kesehatan kami masyarakat sekitar pabrik ini. “Namun tanpa disadari bisa saja menjadi petaka. Kesehatan warga sepertinya biasa-biasa saja, tapi sebenarnya kesehatan kami sudah terancam dan sudah tidak sehat lagi. Setiap hari asap cerobong asap milik PT Nubika Jaya secara tidak langsung kami hirup,” ungkapnya.

Pihak menejemen PT. Nubika Jaya melalui humas perusahaan saat di hubungi awak media melalui via telpon mengatakan kita tidak bisa menampung semua keluhan masyrakat bg, kalau kita tampungi satu persatu bakal ada saja nanti yang mengeluh bg. Kita juga sudah beri bantuan tahun ini kepada anak yatim dan jompo dan untuk masalah pepohonan kita akan refresh minggu ini.”tutupnya.

Padahal pantau awak media Pabrik PT. Nubika jaya sudah menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 yang merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan-pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses, serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan.

Dalam ISO 14001 ini dibuat untuk membantu mengelola dan meminimalkan pengaruh negatif kegiatan operasional mereka terhadap lingkungan yang mencakup udara, air, suara, atau tanah.

Pada pasal Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian Pasal 21 ayat (1) UU Perindustrian, perusahaan industri yang didirikan pada suatu tempat, wajib memperhatikan keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam yang dipergunakan dalam proses industrinya serta pencegahan timbulnya kerusakan dan pencemaran terhadap lingkungan hidup akibat usaha dan proses industri yang dilakukan. Dampak negatif dapat berupa gangguan, kerusakan, dan bahaya terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat di sekelilingnya yang ditimbulkan karena pencemaran tanah, air, dan udara termasuk kebisingan suara oleh kegiatan industri.(M.Y.K.Simanjuntak)

Komentar

Pos terkait