Perjalanan Pilkada Labuhanbatu, Serap APBD Rp.45,9 Milyar, Hingga Paslon ERA Jadi Juara

LABUHANBATUSATU | Rantauprapat – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Labuhanbatu setahap lagi akan selesai. Tahapan demi tahapan terus dilakukan pihak KPU dan Bawaslu Labuhanbatu. Mulai dari perekrutan PPK/Panwascam, PPS/PKD dan KPPS/Pengawas TPS, Melakukan Coklit, Pemutakhiran data pemilih, verifikasi Faktual calon perseorangan, hingga pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

 

Selanjutnya KPU mengumumkan perolehan suara terbanyak. kemudian, tahapan selanjutnya adalah memberikan Pasangan Calon (Paslon) yang keberatan, mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Dimana, hasil penyelenggaran Pemilu 9 Desember 2020, Pasangan Calon (Paslon) ASRI Unggul 838 Suara dari Paslon ERA. Kemudian, Paslon ERA menggugat ke ke MK sesuai tahapan yang diberikan oleh KPU.

 

Disitu, Paslon ERA mengajukan hasil Rekomendasi Bawaslu terkait temuan di 14 TPS sebagai bukti di MK. Dimana, di TPS tersebut, sejumlah penyelenggara terbukti melanggar kode etik.

 

Kemudian, MK mengabulkan permohonan Paslon ERA. Dengan memerintahkan agar KPU menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 9 TPS pada 24 April 2021. Setelah PSU, Hasilnya Paslon ERA unggul 310 Sesuai hasil Rapat Pleno KPU tentang perolehan suara terbanyak.

 

Pelaksanaan PSU berjalan lancar dan Kondusif. Bahkan, Komisioner KPU RI, Bawaslu RI, KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi, juga turut menyaksikan proses PSU yang dilaksanakan.

 

Kini, masuk ke tahap terakhir. Dimana, KPU akan mengumumkan Pemenang Pilkada Labuhanbatu tahun 2020. Semua proses Pilkada ini, telah menyerap anggaran APBD Labuhanbatu tahun 2019 dan 2020 Sebesar Rp. 45,9 Milyar. Dengan rincian KPU Labuhanbatu peroleh Rp.30,9 Milyar dan Bawaslu Labuhanbatu Rp.15 Milyar. (Red)

 

Komentar

Pos terkait