Waspada, e-KTP Palsu Banyak Beredar, Begini Cara Ceknya!

    36
    0

     

    LABUHANBATUSATU|Bagi kamu yang akan bertransaksi properti dan mengharuskan seseorang memberikan KTP-elektroniknya, disarankan lebih waspada karena belakangan marak ditemukan KTP palsu. Simak cara cek KTP asli dan membedakannya dengan yang palsu di artikel ini, ya!

    Setiap warga negara Indonesia yang cukup umur wajib memiliki identitas berupa KTP. Kartu identitas tersebut memuat informasi diri secara lengkap mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, foto, dan NIK.

    Hanya saja, terkadang ditemukan pihak yang tak bertanggung jawab dengan membuat dan mengedarkan KTP palsu.

    Berdasarkan penelusuran, pihak kepolisian di berbagai daerah kerap menemukan adanya KTP palsu yang diduga beredar di masyarakat.

    Bahkan, alat yang digunakan untuk mencetak KTP palsu ini hanya sebatas alat konvensional. Mereka biasanya hanya menggunakan komputer serta mesin pres kartu yang bisa ditemukan pasaran.

    Nah, untuk itu penting bagi kamu mengetahui informasi cek KTP asli.

    Terutama bagi kamu yang akan bertransaksi properti baik membeli atau menjual. Cara cek KTP asli juga penting bagi kamu yang memiliki usaha rental mobil. Jangan sampai, kamu tertipu karena identitas yang diberikan orang tersebut palsu.

    Lantas, bagaimana cara cek KTP asli?

    Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

    1. Cek KTP Asli dengan E-KTP Reader

    Cara cek KTP asli yang penggunannya sangat mudah adalah dengan E-KTP Reader atau pembaca KTP elektronik. Jika kamu akan betransaksi properti dengan orang lain, sebaiknya siapkan dulu alat ini.

    Pada e-KTP, terdapat data biometric yaitu berupa finger print jari telunjuk kiri dan kanan. Data biometric ini tidak dicetak pada tampilan e-KTP, namun datanya terdapat pada chip e-KTP.

    Dengan adanya biometric ini, maka dapat dilakukan verifikasi bahwa pemilik e-KTP adalah benar-benar yang bersangkutan.

    Ini dengan membandingkan antara finger print yang ada di dalam chip e-KTP dan hasil scan finger print jari telunjuk yang bersangkutan pada finger print scanner.

    Nah, jika KTP itu palsu maka data yang dihasilkan tidak akan terbaca.

    Secara umum, fungsi utama e-KTP Reader ini adalah sebagai berikut:

    • Melakukan pembacaan data e-KTP yang meliputi biodata (nama, tempat, tanggal lahir, alamat dan lain-lain), foto, dan tanda tangan.
    • Melakukan verifikasi bahwa e-KTP tersebut adalah milik yang bersangkutan dengan melakukan scan telunjuk kiri atau kanan menggunakan finger print scanner yang terdapat pada e-KTP Reader.

    2. Cek KTP Asli dengan Aplikasi Cek KTP

    Cara cek KTP asli selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi.

    Saat ini, banyak pilihan aplikasi cek KTP yang bisa kamu gunakan. Kamu cukup menempelkan kartu identitas tersebut pada bagian belakang ponsel. Nantinya, aplikasi akan menampilkan biodata pemilik KTP.

    Namun, jika KTP tersebut palsu maka data tidak akan muncul.

    3. Alat Pendeteksi Sinar Ultraviolet

    Jika kamu mempunyai alat pendeteksi seperti ultraviolet maka kamu bisa memanfaatkan alat tersebut sebagai cara cek KTP asli.

    Dengan alat deteksi sinar ultraviolet, kamu bisa mengetahui keaslian KTP dari warna ataupun hologram burung garuda pada kartu identitas tersebut.

    Pada KTP palsu, hologram terkadang tidak muncul. Namun, jika hologram tersebut masih ada kamu bisa mengidentifikasinya melalui warna.

    Kamu juga bisa menggunakan pakai lampu senter atau lampu sorot ponsel dalam ruang gelap. Jika ada chip di pojok bawah foto baik kanan atau pojok atas kiri, maka KTP tersebut asli.

    Dengan begitu, transaksi akan lebih aman apalagi menyangkut transaksi properti dan barang mewah lainnya.

    4. Cara Cek KTP Asli dari Kecerahan Warna

    Terkadang, antara KTP asli dengan yang palsu cukup sulit dibedakan. Ini karena ketebalan dan ukuran KTP tersebut hampir serupa. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membedakannya, ya.

    Jika kamu tidak mempunyai alat deteksi, solusi lain bisa dilakukan dengan membandingkannya melalui kecerahan warnanya. Jika warna tersebut tampak cerah, maka bisa dikatakan KTP tersebut asli.

    Namun, jika terlihat buram maka jangan ragu untuk mengeceknya lebih lanjut. Warna KTP yang kurang cerah, buram dan sedikit tidak jelas karena hasil dari cetakan printer biasa.

    Selain itu, kamu bisa mengidentifikasi melalui warna latar belakang foto yakni warna merah untuk tahun lahir ganjil dan biru untuk tahun lahir genap.

    Kamu bisa lebih waspada jika menemukan KTP dengan ciri-ciri demikian.

    5. Cara Cek KTP Asli dengan Cek NIK dan Tanggal Lahir

    Cara cek KTP asli bisa juga dengan mengecek NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan tanggal lahir. KTP asli umumnya sinkron antara tanggal, bulan, tahun lahir dengan angka NIK yang terdiri dari 16 digit. Perhatikan angka ke-7 dan 8, yaitu angka tanggal lahir. Angka ke-9 dan 10, yaitu bulan lahir. Angka ke-11 dan 12 yang merupakan tahun lahir.

    Sementara untuk wanita, tanggal lahir ditambah 40. Apabila data yang muncul tidak singkron, maka dipastikan paslu.

    Ini karena NIK ini merupakan angka unik dan melekat pada penduduk setelah datanya masuk pada database Kependudukan serta tidak berubah seumur hidup.

    6. Cek KTP Asli Melalui Situs Cek NIK

    Cara cek KTP asli bisa dibuktikan dengan cek KTP Online. Cukup masukkan NIK pada situs penyedia yang akan terhubung pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

    Kamu bisa mengaksesnya melalui sejumlah situs yang dikembangkan Dukcapil masing-masing daerah. Apabila data tidak muncul setelah NIK dimasukan, maka bisa dipastikan KTP tersebut palsu.

     

    Sumber: www.99.co

    Komentar