Beranda Berita Banyak Sampah, Pemkab Labuhanbatu Belum Layak Diajukan Jadi Kabupaten Sehat  

Banyak Sampah, Pemkab Labuhanbatu Belum Layak Diajukan Jadi Kabupaten Sehat  

36
0
Tumpukan sampah di Pasar Gelugur Rantauprapat

LABUHANBATUSATU |Rantauprapat- Pemkab Labuhanbatu saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menjadikan Kabupaten Labuhanbatu menjadi Kabupaten Sehat. Hal itu diketahui, Senin (15/3/2021) pada saat rapat persiapan sekaligus Sosialisasi tentang Pedoman Penyelenggaran KKS yang diselenggarakan oleh Bappeda dan Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

 

Dalam rapat itu, Pemkab Labuhanbatu membahas tentang persiapan mereka agar Kabupaten Labuhanbatu dapat menjadi Kabupaten Sehat. Mulai dari persiapan Verifikasi Dokumen hingga Verifikasi Lapangan dibahas dalam rapat itu.

 

Namun, untuk menjadi Kabupaten Sehat itu tidaklah mudah. Berbagai persoalan harus segera diatasi. Mulai penanganan sampah, pembersihan saluran drainase hingga minimnya anggaran keuangan Pemkab Labuhanbatu akibat Refocusing, menjadi beberapa hambatan yang akan dihadapi untuk mewujudkan Kabupaten Sehat.

 

“Tidak mudah mewujudkan program Kabupaten Sehat itu. Apakah mampu, Pemkab mengatasi masalah sampah dan saluran drainase tersumbat di perkotaan ini. Dua hal itu, jadi poin penting untuk mewujudkan Kabupaten Sehat,” Kata Andi, salah satu Jurnalis di Kabupaten Labuhanbatu, Saat ditemui, Selasa (16/3/2021).

 

Andi menyarankan kepada Pemkab Labuhanbatu agar lebih fokus mengatasi masalah yang ada, dari pada membuat program baru.

 

“Atasi dulu masalah yang ada. Kalau sudah bisa mengatasi masalah itu, baru buat program baru. Ngapain dikerjakan program itu, jika masalah sampah saja gak bisa diatasi. Buang tenaga saja itu,” bilangnya.

 

Hal serupa juga dikatakan Dhedi Irwansyah Bas. Melalui akun Facebooknya, Jurnalis ini memposting gambar tumpukan sampah di Pasar Gelugur Rantauprapat. Ia juga mencurigai, kegiatan tersebut merupakan judul untuk mencairkan anggaran.

 

“Insting jurnalisku dapat merasakan bahwa kalian membuat kegiatan itu supaya ada judul utk mencairkan anggaran yg bisa kalian kelola sesuka kalian..Masalahnya, “judul” yg kalian buat itu sangat tidak keren dan nggak nyambung dgn kondisi daerah ini yg sebenarnya..Sangat bertolak belakang dgn realita yg sesungguhnya..! #muak-dgn-program-ecek-ecek” tulisnya.

Komentar