Wow, Ada Proyek Siluman Di SMP 2 Panai Hilir 

Bangunan tanpa plang proyek di SMP Negeri 2 Panai Hilir

LABUHANBATUSATU| Panai Hilir – Ada yang aneh dengan proyek pembangunan di Sekolah SMP Negeri 2 Kecamatan Panai Hilir. Pasalnya, Proyek itu dibangun tanpa plang proyek. Sehingga, warga setempat menilai proyek itu dibangun pakai uang pribadi Kepala Sekolah.

“Tak ada plang proyeknya pak, kami pikir itu bangunan menggunakan dana pribadi Kepala Sekolah,” ucap warga setempat, Kamis (4/2/2021).

Kata warga, bangunan yang dikabarkan untuk Jamban Siswa itu, dibangun pada bulan september 2020 yang lalu. Namun, bangunan itu, belum difungsikan oleh pihak sekolah.

” kalau memang dana ini bukan dari uang pribadi sekolah, maka ini adalah proyek siluman,” kata warga dengan nada heran.

Sayangnya, Saat ditemui wartawan, sekolah tersebut terlihat sepi. Tidak ada orang yang dapat dikonfirmasi atas proyek tersebut.

Untuk diketahui, seharusnya setiap pembangunan harus memakai plang proyek. Sehingga, masyarakat dapat melakukan pengawasan. Hal itu diatur dalam
Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Jika proyek tersebut tidak dipasang plang, maka, pihak rekanan akan sesuka hati melakukan Mark Up. Sehingga, potensi melakukan tindak pidana korupsi terbuka lebar. (Baktiar)

Komentar

Pos terkait