Beranda Peristiwa Dinkes Labuhanbatu Diminta Razia Optik Yang Belum Punya Izin RO

Dinkes Labuhanbatu Diminta Razia Optik Yang Belum Punya Izin RO

56
0
Salah satu Optik yang ada di jalan Gelugur Rantauprapat

 

LABUHANBATUSATU|Rantauprapat – Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu diminta untuk segera melakukan razia ke seluruh Optik yang ada di Rantauprapat. Pasalnya, kemungkinan masih banyak Optik yang telah beroperasi namun belum mengantongi izin Refraksionis Optisien (RO). Padahal  salah satu syarat penting untuk membuka sebuah optik, harus mengantongi izin tersebut.

“Kemungkinan masih banyak optik tidak punya izin RO. Kalau pun ada, hanya sebagian kecil. Itupun harus di cek, dari mana asal izin RO tersebut,” ucap salah seorang warga Rantauprapat bernama Teddy S Dalimunthe, Kamis (28/1/2021) saat bertemu wartawan.

Dijelaskannya, setiap perusahaan yang ingin membuka usaha optik, harus berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1424/MENKES/SK/XI/2002 tentang tata cara dalam menyelenggarakan optikal.

“Membuka optik itu mudah asalkan memenuhi dan melengkapi persyaratan dan silahkan cek di google untuk persyaratannya, dan lihat kelapangan apakah semua optik di Rantauprapat ini sudah punya izin RO,” jelas Teddy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Kamal Ilham ketika ditanya tentang izin RO,  dirinya menanggap izin tersebut yang mengeluarkan adalah dinas perizinan. Namun setelah dikirim wartawan peraturan tentang optik, dirinya langsung berjanji akan melakukan razia ke seluruh optik.

“Terimakasih informasinya,  akan saya kordinasikan ke bidang yang menanganinya. Kalau begni, akan saya tindak,” jawabnya melalui pesan Whatsapp.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Dinas Kesehatan Labuhanbatu belum juga melakukan penindakan terhadap Optik yang belum mengantongi izin RO.

 

Komentar