Beranda Peristiwa Diberitakan Tahanan Boleh Pakai HP, Petugas Lapas Langsung Gelar Razia

Diberitakan Tahanan Boleh Pakai HP, Petugas Lapas Langsung Gelar Razia

49
0

LABUHANBATUSATU| Rantauprapat –Setelah diberitakan tentang tahanan boleh Pakai HP, pihak Lapas Lobusona Rantauprapat langsung mengelar razia kekamar para tahanan. 

“sudah heboh disini bang gara gara berita itu,  petugas mau lakukan razia”ungkap sumber yang juga salah satu tahanan di Lapas Lobusona Rantauprapat, senin (25/1/2021).

Biasanya, sambung Sumber, Petugas yang berhasil menangkap HP milik tahanan,  maka HP tersebut akan disita. Namun, jika diberikan sejumlah uang kepada petugaa,  maka HP tersebut akan dikembalikan. 

“tergantung jenis HP nya bang, kalau HP murah biasanya 50 sampai 100 ribu. Jika HP mahal bisa mencapai 200 ribu,” ucapnya. 

Disinggung siapa nama oknum petugas Lapas yang sering bermain mata tentang HP tersebut, sumber hanya menyebut inisial IN. 

“inisial petugasnya IN bang, staff KPLP.  Badannya Tinggi berkulit putih,” jawabnya. 

Diberitakan sebelumnya, Lapas Lobusona Rantauprapat dihebohkan dengan diperbolehkannya tahanan menggunakan HP.

Bagi para tahanan yang punya uang (setoran untuk oknum petugas) ,  diperbolehkan dan bebas memiliki handphone. Namun sebaliknya, bagi tahanan yang tidak punya, tidak akan diperbolehkan.

“kalau punya duit,  hp tidak akan dirazia petugas. Kalau gak punya,  akan disita,” ungkap sumber yang juga salah seorang tahanan di Lapas Lobusona Rantauprapat,  Minggu (24/1/2021).

Selain itu,  menurut sumber,  dua orang Napi kasus Narkoba berinisial R dan A, saat ini sedang mengendalikan peredaran Narkoba dari Tanjung Balai ke Labuhanbatu. 

“Ada dua tahanan narkoba yang mengendalikan peredaran sabu dari tanjung balai ke labuhanbatu.  Mohon ditindak ini pak,” bilang sumber.

Menanggapi hal itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lobusona Rantauprapat Krisman membantah tentang tahanan bebas menggunakan HP . Sebab,  pihaknya selalu menggelar razia rutin ke kamar para tahanan. 

“Selamat Pagi Pak, Untuk kegiatan razia yang dilaksanakan didalam Lapas,berjalan dengan baik, terkait hasil razia tercatat dan terdata di Kamtib dan kita laporakan kepada pimpinan. Mengenai informasi adanya oknum petugas yang tebang pilih kalau terbukti saya jamin pasti ada mendapatkan hukuman disiplin dari Pimpinan,” jawabnya melalui pesan Whatsapp.

Disinggung mengenai napi yang mengendalikan narkoba, Krisman berjani akan menelusuri info tersebut. 

“Terimakasih pak, kami akan menelusurinya,” tutupnya. 

Komentar