Tanaman Ini Bisa Meniru Fungsi Insulin, Berkhasiat Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

    53
    0
    Foto: Ivy Gourd tanaman penurun gula darah

     

    LABUHANBATUSATU| Coccinia indica atau yang juga dikenal sebagai ‘ivy gourd’ diyakini memiliki sifat anti-diabetes dan sifat mimetik-insulin alias bisa meniru fungsi insulin. Tanaman ini tumbuh liar di seluruh India. Secara tradisional ivy gourd telah digunakan dalam pengobatan ayurverdic.

    Perubahan signifikan dalam kontrol glikemik telah dilaporkan dalam penelitian yang melibatkan coccinia indican, dan para ahli percaya bahwa hal itu harus dipelajari lebih lanjut.

    Sebagaimana dilansir WebMD, ada laporan bahwa ivy gourd juga digunakan untuk gonore, sembelit, penyembuhan luka dan kondisi lainnya. Namun belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung penggunaan ini.

    Untuk terapi diabetes sendiri, ivy gourd mengandung bahan kimia yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bahan kimia di dalamnya juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan membunuh bakteri, dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan dan membantu membangun kembali jaringan kulit.

     

    Efek Samping

    Meskipun disebut ampuh dalam menurunkan gula darah, namun Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan ivy gourd untuk pengobatan.

     

    1. Penggunaan jangka panjang

    Tanaman ini mungkin aman bagi kebanyakan orang ketika diminum sampai 6 minggu. Efek sampingnya ringan dan mungkin termasuk sakit kepala, mual, atau pusing. Tidak ada cukup informasi untuk mengetahui apakah tanaman ini aman digunakan dalam jangka panjang.

     

    2. Penggunaan untuk ibu hamil dan menyusui

    Belum ada bukti juga bahwa ivy gourd aman dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui. Sebagai langkah antisipasi, maka sebaiknya dihindari penggunaannya.

     

    3. Pengobatan diabetes

    Jika Anda sudah menggunakannya sebagai terapi pengobatan diabetes, maka ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala.

    Meski diyakini berkhasiat menurunkan gula darah, namun ada beberapa kekhawatiran itu mungkin mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan tanaman ini setidaknya 2 minggu sebelum operasi yang dijadwalkan.

     

    4. Menurunkan gula darah

    Ivy gourd memiliki sifat menurunkan gula darah. Obat diabetes juga digunakan untuk menurunkan gula darah. Mengkonsumsi tanaman ini bersama dengan obat diabetes berpotensi menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah.

    Sehingga penting untuk memantau gula darah Anda dengan cermat.

    Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes antara lain glimepiride (Amaryl), glyburide (DiaBeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), chlorpropamide (Diabinese), glipizide (Glucotrol), tolbutamide (Orinase), dan lain-lain.

     

     

    Komentar