Beranda Opini Dampak Positif Negatif Pada Pembelajaran Daring (Online)

Dampak Positif Negatif Pada Pembelajaran Daring (Online)

47
0

 

LABUHANBATUSATU| Penyakit covid-19 adalah penyakit menular yang baru baru ini ditemukan. Penyakit ini disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2(SARS-COV-2). Covid-19 sering juga disebut dengan virus Corona.

Penyakit ini berasal dari Kota Wuhan pada akhir bulan desember 2019, penularannya begitu cepat dan menyebar ke berbagai negara, termasuk negara Indonesia. Karena penyebarannya yang begitu cepat sehingga membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk menghentikan penyebaran virus Corona tersebut.

Masing-masing orang memiliki respon yang berbeda-beda terhadap covid-19. Karena virus corona bisa menimbulkan beragam gejala pada pengidapnya. Gejala yang muncul ini bergantung pada jenis virus Corona yang menyerang, dan seberapa serius infeksi yang terjadi.

Gejala yang sering dialami, seperti flu, batuk, filek, sesak nafas, kurang enak badan, lemas, nafsu makan kurang, sakit di tenggorokan, demam, dan mungkin masih banyak gejala-gejala lain.

Virus Corona ini juga sangat berdampak besar pada dunia pendidikan. Namun para pendidik dan pelajar harus tetap melakukan pembelajaran, meskipun kondisi tidak memungkinkan karena adanya virus ini. Oleh karena itu pemerintah memberikan peraturan ketat mengenai proses belajar dan mengajar. Dalam hal ini, tingkat SD/MI, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi juga merasakan dampak positif dan negatifnya.

Seperti yang tertera pada surat edara KEMENDIKBUD no.4 tahun 2020 disampaikan bahwa proses belajar mengajar dilakukan dari rumah melalui daring(online) atau pembelajaran jarak jauh.

Metode pembelajaran seperti ini(daring) mau tidak mau harus diikuti seluruh pelajar dan mahasiswa perguruan tinggi. Para guru dan dosen juga harus beradaptasi dengan metode pembelajaran ini serta memaksimalkan pembelajaran terhadap peserta didik agar dapat memahami pembelajaran, meskipun proses belajar mengajarnya dilakukan melalui daring (online) atau jarak jauh.

Dari proses belajar mengajar daring(online) terdapat dampak positif dan negatifnya. Dampak positifnya adalah para pendidik atau pelajar dapat melakukan pembelajaran sambil melakukan suatu pekerjaan yang harus mereka lakukan. Dampak negatifnya adalah para pendidik kurang leluasa dalam menjelaskan pembelajaran yang akan di ajarkan, dan para pelajar lebih sulit untuk memahami pembelajaran yang dijelaskan, tugas yang diberikan juga menumpuk karena sebagian para pelajar sering membuang waktunya sia-sia dengan melakukan hal-hal yang lain tanpa mengerjakan tugas tersebut.

Jadi, untuk mengatasi semua itu kita harus mengikuti protokol kesehatan yang telah di terapkan, yaitu memakai masker, tidak lupa mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak(tidak berkumpul), menjaga kebersihan baik dirumah maupun ditempat umum. Agar virus Corona ini cepat berakhir dan kita dapat melakukan aktivitas seperti biasa sebelum adanya covid-19 ini.

 

 

Penulis : Desi Fitriani Hasibuan (Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Mandailing Natal)

Komentar