Beranda Peristiwa KPU Labuhanbatu Diminta Umumkan Data C Pemberitahuan Yang Dipulangkan

KPU Labuhanbatu Diminta Umumkan Data C Pemberitahuan Yang Dipulangkan

30
0

 

LABUHANBATUSATU| Rantauprapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu diminta untuk mengumumkan secara terbuka data C Pemberitahuan (Undangan Memilih) yang dipulangkan Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 1 Hari Sebelum Pencoblosan. Tujuannya,  agar Warga Labuhanbatu bahwa surat C Pemberitahuan tidak disalah gunakan. 

“Data C Pemberitahuan yang dipulangkan oleh KPPS sebaiknya diumumkan saja, agar kami tidak menduga duga KPU melakukan kecurangan,” pinta Ketua LSM Pelopor Syaiful Bahri, Senin (21/12/2020).

Dijelaskan Syaiful, C Pemberitahuan merupakan surat undangan warga untuk memilih ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dimana,  warga yang sudah terdaftar di DPT akan mendapat C Pemberitahuan dari patugas KPPS paling lama sehari sebelum pencoblosan. 

Bagi warga yang meninggal dunia atau sudah pindah (Tidak ditemukan), maka surat C Pemberitahuan dipulanglan oleh petugas KPPS kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dikelurahan masing masing. Selanjutnya untuk diserahkan ke PPK dan KPU Labuhanbatu. 

“Tapi, sampai saat ini C Pemberitahuan itu tidak pernah diumumkan oleh KPU. Sehingga,  kita tidak tahu siapa yang sudah meninggal atau sudah pindah,” jelasnya. 

Jika data C Pemberitahuan tidak diumumkan secara rinci,  maka peluang untuk melakukan kecurangan terbuka lebar. 

“Bisa saja, ada orang menyamar pakai C Pemberitahuan untuk mencoblos. Dan bisa saja, C Pemberitahuan itu di gandakan. Ini kan dugaan kita. Maka sebaiknya,  itu diumumkan oleh KPU Labuhanbatu,” tutup Syaiful.

 

Komentar