Beranda Peristiwa Desa Binaan JBMI Gelar Gebyar Muharram 1442 H

Desa Binaan JBMI Gelar Gebyar Muharram 1442 H

72
0

LABUHANBATUSATU| Rantauprapat – Dewan Pimpinan Daerah Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (DPD JBMI) Kabupaten Labuhanbatu, turut serta dalam mesukseskan Gebyar Muharram 1442 H.

 

Kegiatan rutin keagaamaan itu, diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Darul Irsyadiyah dan Pemerintah Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu itu pada hari Jum’at (04/09/2020).

“Tepatnya pukul 09.00 WIB, rombongan DPD JBMI Labuhanbatu tiba di lokasi Gebyar Muharram yang berlokasi di dusun 1 Desa Selat Beting,” ungkap Ketua DPD JBMI Labuhanbatu, Sabaruddin Pohan.

Sabar menjelaskan, Desa Selat Beting, yang berada dikawasan Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu, merupakan salah satu Desa Binaan DPD JBMI Kabupaten Labuhanbatu.

“Desa ini, merupakan salah satu desa Binaan DPD JBMI Labuhanbatu. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut sampai akhir hayat, karena di desa ini kami merasa sudah tidak lagi sebagai tamu, kami merasa ini adalah kampung kami. Sehingga kami merasa disini hadir adalah sebagai anak dari masyarakat Desa Selat Beting,” jelas Sabar yang juga sebagai Penceramah dalam kegiatan Gebyar Muharram itu.

Untuk memeriahkan semarak tahun baru Hijriyah ke-1442, Gebyar Muharram itu diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan. Diantaranya perlombaan MTQ, Musabaqoh, Menghapal Ayat-ayat Pendek, Pidato, dan Puisi tingkat Desa dengan yang diikuti oleh siswa/i MDTA dan MTs Yayasan Pendidikan Darul Irsyadiyah.

Acara Gebyar Muharram tersebut, turut dihadiri oleh Kepala Desa Selat Beting, Tokoh Masyarakat, Dewan Guru Darul Irsyadiyah, Remaja Masjid Desa Selat Beting, dan segenap lapisan masyarakat Desa Selat Beting.

“Bahwa kegiatan Gebyar Muharram ini merupakan kali kedua yang dilakukan, dan insya Allah akan dilaksanakan setiap tahunnya,” tutur Kepala Desa Selat Beting, Mukhtar Dalimunthe, dalam kata sambutannya.

Mukhtar juga menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut serta dalam melaksanakan Gebyar Muharram tersebut, khusunya DPD JBMI Labuhanbatu yang telah hadir dan menjadikan Desa Selat Beting sebagai Desa Binaan.

“Acara positif seperti ini sebagai perangkat pemerintah akan selalu kita support. Karena ini merupakan kegiatan positif yang melibatkan kreatifitas anak anak desa dalam menunjang nilai-nilai kemajuan pendidikan dan agama ditingkat desa. Kami mengucapkan Terimakasih kepada DPD JBMI Labuhanbatu yang telah hadir dan menjadikan Desa kami sebagai Desa Binaan JBMI. Apalagi Ketua DPD JBMI saat ini ustadz Sabaruddin Pohan sudah tidak asing lagi bagi kami”, pungkas Mukhtar.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Darul Irsyadiyah, Jali Siregar, dalam kata sambutannya mengungkapkan, pihaknya sangat berharap agar masyarakat Desa Selat Beting dapat terus menukung Lembaga Pendidikan MDTA dan MTs Darul Irsyadiyah.

“Saat ini di Desa Selat Beting telah dibuka Lembaga Pendidikan Agama untuk tingkat MDTA dan Tsanawiyah. Sekolah ini murni swadaya masyarakat baik dari segi lahan dan tempatnya, ataupun bangunannya. Dan qlhmadulillah santri kita untuk tingkat MDTA saat ini berjumlah 60 orang dan untuk tingkat MTs berjumlah 76 santri. Dan tentunya kita berharap perjuangan ummat ini akan terus berkembang dengan berkat gotong royong seluruh lapisan masyarakat dan Pemerintah Desa,” ungkap Jali Siregar.

Kegiatan Gebyar Muharram itu pun, kemudian ditutup pada jum’at malam usai dilaksanakannya kegiatan Dzikir bersama, Tausiah seputar Muharram, dan Penyerahan cendera mata dari DPD JBMI Labuhanbatu kepada Pemerintah Desa Selat Beting.

 

 

Komentar