Beranda Opini Pilkada dan Perspektif UMKM

Pilkada dan Perspektif UMKM

86
0
Foto: Jumain Hasibuan

 

Beberapa terakhir ini media sosial baik akun pribadi, grup dan media cetak juga online ramai memberitakan tentang bakal calon (bacalon) Kepala Daerah dan bakal calon Wakil Kepala Daerah yang diusung oleh partai politik yang memiliki kursi Di DPRD.

Beberapa bacalon sudah mengklaim bahkan telah dengan terang-terangan menginformasikan kepada khalayak ramai bahwa pasangan mereka akan berlayar dengan keluarnya surat Rekomendasi Partai Politik, dan masih ada bacalon yang sedang berjuang untuk mendapatkan surat dukungan sebagai syarat sah untuk mendaftar ke KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu, pun juga KPU baru saja selesai melakukan verifikasi faktual terhadap calon Independen.

Dari hiruk pikuk ini bisa kita lihat dengan jelas bahwa para bacalon sudah ada yang melakukan sosialisasi kemasyarakat meskipun aturannya belum diperbolehkan, bahkan sudah sejak lama mereka melakukan pertemuan, baik terbuka maupun secara tertutup juga sosialisasi personal baik melalui media maupun alat peraga lainnya.

Banyak visi misi bacalon menawarkan program kemasyarakat bila nanti terpilih. Akan tetapi menurut amatan kami, belum ada satu bacalon pun yang berani dengan tegas akan berpihak kepada pengembangan UMKM. Selama ini perhatian terhadap UMKM belum terasa maksimal. UMKM masih terkesan jalan sendiri dan mencari jalan keluar bila mendapatkan kendala untuk berkembang.

Kepedulian terhadap UMKM masih sebatas slogan yang tertulis diatas kertas. Belum terasa nyata keberpihakannya, sehingga UMKM lambat tumbuh dan banyak yang hilang karena keterbatasan akses dan dukungan pemerintah daerah.

Padahal, UMKM terbukti menjadi motor penggerak bahkan mampu bertahan saat krisis. Apalagi masa pandemi ini, dampaknya sangat terasa karena daya beli masyarakat yang menurun, tetapi para bacalon sepertinya tidak melihat ini sebagai persoalan yang serius. Sangat jarang kita baca dan dengarkan para bacalon mengulas tuntas apa solusi pengembagan terhadap UMKM ini bila terpilih nanti.

 

oleh : Jumain Hasibuan (Penggiat Sosial)

Komentar