Gandeng Media, Bawaslu Labuhanbatu Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

foto: Faisal Andri Mahrawa akademisi Universitas Sumatera Utara saat memberikan paparan tentang peran media dalam Pilkada

 

RANTAUPRAPAT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Labuhanbatu gelar kegiatan Sosialisasi pengawasan partisipatif bersama media cetak dan elektronik Se-Labuhanbatu pada jum’at pagi, di Hotel Permata Land Rantauprapat (17/07/2020).

Kegiatan itu, dihadiri oleh Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe, SE, Anggota Bawaslu Parulian Silaban dan Zuliandi Simatupang, dan puluhan jurnalis media cetak serta media elektronik Se-Labuhanbatu.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Makmur Munthe, SE mengatakan pilkada saat ini sidikit berbeda dengan pilkada sebelumnya, karena pandemi tahapan-tahapan Pikada menjadi tertunda.

“Ada perbedaan antara Pilkada dahulu dengan pilkada sekarang, dimana saat ini kita berada dalam situasi pandemi, sehingga tahapan-tahapan menjadi tertunda. Seharusnya kegiatan kita ini direncanakan di bulan maret, karena masa pandemi baru sekarang bisa dilaksanakan dengan tetap menerapkapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Makmur menambahkan, dalam sosialisasi Pilkada, bekerjasama dengan insan pers penting untuk dilakukan, terlebih lagi dalam situasi pandemi saat ini yang belum jelas kapan berakhirnya.

“Sesungguhnya suksesnya Pilkada nantinya tidak terlepas dari peran media oleh sebab itu Bawaslu dan media harus ada kerja sama yang baik dalam mensosialisasikan seluruh tahapan Pilkada Labuhanbatu,” sebut Makmur.

Sementara itu, Akademisi Universitas Sumatera Utara,Faisal Andri Mahrawa, dalam pemaparan materinya mengungkapkan, bahwa pemilu adalah sebuah proses yang harus dipantau dan diawasi oleh penyelenggara pemilu dan seluruh stakeholder.

“Kalau saya menggambarkan bahwa, Pemilu itukan sebuah proses, dan prosesnya itu harus dipantau dan di awasi. Nah, kawan-kawan bapak-bapak yang hadir ini sebetulnya adalah stakeholder yang punya hak yang sama untuk mengikuti proses dari Pemilu tersebut. Apa yang bisa kita lakukan, kita bisa memantau dan mengawasi,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Bawaslu Labuhanbatu, Parulian Silaban dalam pemaparannya. Menurutnya, secara umum semua berhak untuk mengawasi proses Pemilu.

“Secara hirarki pengawasan memang tugas Bawaslu, namun secara umum semua berhak untuk mengawasi, termasuk media. Apakah harus netral, tidak, kami harus bepihak, yaitu berpihak pada kebenaran,” ujarnya.

Meski berada dalam situasi Pandemi, dengan menarapkan protokol kesehatan kegiatan tersebut berlangsung dengan penuh hikmat.

 

 

Komentar

Pos terkait