Beranda Peristiwa Kembangkan Inovasi dan IPTEK Desa, Universitas Labuhanbatu Gandeng kelompok Tani

Kembangkan Inovasi dan IPTEK Desa, Universitas Labuhanbatu Gandeng kelompok Tani

91
0

 

RANTAUPRAPAT ‐ Dalam rangka pengembangan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah Kabupaten Labuhanbatu Raya, Universitas Labuhanbatu melakukan kerjasama dengan beberapa Kelompok Tani di Kabupaten Labuhanbatu dan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sabtu (06/062020).

Rektor Universitas Labuhanbatu Ade Parlaungan Nasution beserta Rombongan menyambangi sekaligus bersilaturrahmi dengan pengurus 3 (tiga) kelompok tani, yaitu kelompok tani Maju Jaya MBK Marbau Selatan, kelompok tani Padang Halaban Sekitarnya, Desa Sidomulyo, Aek Kuo dan Kelompok Tani Bukit Perjuangan, Aek Paing Labuhanbatu.

Turut dalam Rombongan Rektor Universitas Labuhanbatu yaitu Dr. Sumitro (WR II ULB), Sriono,SH,MH (Ka. BAAK ULB), Bernat Panjaitan, SH,MH, (Direktur LBH Agraria Labuhanbatu) dan Yanto Ziliwu (Pengacara LBH Agraria).

Dalam kegiatan tersebut, Rektor ULB dan Rombongan mendatangi kantor sekretariat masing masing kelompok Tani dalam rangka silaturrahmi dan melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara ULB dan 3 Kelompok tani.

Menurut Ade Parlaungan Nasution selaku Rektor Universitas Labuhanbatu, kerjasama ini dilakukan untuk pengembangan Inovasi di desa-desa dalam hal ini diwakili oleh populasi kelompok tani. Dalam kegiatannya nanti akan diterapkan hasil-hasil penelitian dan tugas akhir baik dosen maupun mahasisawa dalam bidang teknologi Pertanian, teknologi Pendidikan, Inkubasi Bisnis dan Penerapan Informasi Teknologi yang berbasis potensi desa masing-masing.

“Kita ingin sinergikan aktivitas akademik di kampus dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar menghasilkan inovasi-inovasi khususnya di pedesaan,” ujar Ade.

Dr. Sumitro Wakil Rektor II Universitas Labuhanbatu menambahkan bahwa kegiatan kerjasama ini pihak ULB akan menempatkan Mahasiswa Ulb dalam berbagai kegiatan akademik seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek kerja Lapangan (PKL ) dan berbagai kegiatan lainnya.

“Mahasiswa akan kita dorong untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL), dan kegiatan-kegiatan pengabdian di desa-desa,” tambah Mitro.

“Selama dua tahun terakhir ini ULB telah melakukan berbagi kegiatan di masing masing kelompok Tani tersebut baik itu dalam pelaksanaan kegiatan acara seminar Konflik Agraria, Seminar Hak Asasi Manusia dan kegiatan lainnya seperti pendampingan Hukum atas permasalahan konflik agraria di Kelompok Tani tersebut,” punkas Ade.

 

 

Komentar