Medan News Syndicate Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

 

LABUHANBATUSATU.COM, Medan – Wartawan yang baik adalah mereka yang mampu menjunjung nilai keadilan dan kebenaran dalam sajian beritanya. Sekaligus menjadi corong utama penangkal hoax atau berita bohong.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Muhammad Asril saat menjadi narasumber pelatihan jurnalistik tingkat dasar. Pelatihan dilaksanakan Medan News Syndicate, Sabtu (14/3/2020) di Warung Kopi U Jalan Sisingamangaraja Medan.

Dalam paparannya, Asril mengurai teknik dasar penulisan berita. Yakni dengan pola piramida terbalik dan piramida murni.

“Yang terpenting dalam setiap polanya, tetap harus menyertakan unsur berita 5W+1H, aktual dan faktual serta terverifikasi dan terkonfirmasi. Menjunjung nilai keadilan, independen dan tidak menghakimi atau trial by the press,” terang Asril.

Asril yang juga Mantan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Orbit itu menegaskan di era saat ini wartawan yang baik adalah yang bisa menjadi penangkal utama penyebaran hoax.

“Menulis berita itu menggunakan kaki, artinya seribu kali didengar telinga maka setidaknya harus sekali dilihat mata. Misalnya, saat ingin membuat berita kebakaran maka wartawan harus hadir di lokasi untuk menghimpun informasi yang nyata agar berita yang disajikan telah terverifikasi dan terkonfirmasi dan tidak hoax,” kata Asril.

Dalam paparannya, Asril juga menjelaskan soal mekanisme hak jawab dan berita-berita yang berpotensi dilaporkan ke ranah pidana.

Sementara itu, pelatihan jurnalistik yang digagas medan News Syindicate diikuti peserta dari mahasiswa dan masyarakat umum.

Selain jurnalistik tingkat dasar, pelatihan juga akan diisi materi tentang optimalisasi pengelolaan media siber oleh Sri Agung Joko Utomo.

Komentar

Pos terkait